DI Mts Nurul Hidayah Sulek Tlogosari
Tugas ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah manajemen
Laboratorium
Dosen pembimbing :
Fitri Nur Hidayat, S.Th.I, M.Pd.I
Disusun Oleh:
sakinatuz zakiyah
Rosyida
Sri Ayu Widiyanti
Alfiatul Hasanah
PROGRAM STUDY MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AT-TAQWA
2018-2019
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah hirabbil,alamin, puji sukur kami panjatkan kehadiratAllah SWT. Yang telah melimpahkan rahmatnya pelaksanaan dan penulisan hasil observasi “Manajemen Laboratorium Komputer di Mts Nurul Hidayah Sulek Tlogosari ” dapat terselesaikan. Penyusunan laporan penelitian ini dimaksudkan untuk memenui tugas mata kuliah Manajemen Laboratorium.
Penyusun berharap hasil observasi ini dapat menambah pengetahuan pembaca tentang konsep di dalamnya.Tim kami tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada Dosen Pembingbing serta semua pihak yang terlibat dalam penyusunanhasil observasi ini . Tim penyusun berharap semoga semua yang telah berjasa dalam Penyusunan hasil observasi mendapat balasan yang sebaik-baiknya dari Allah SWT. Akhirnya tim kami menyadari bahwa hasil observasi ini jauh dari sempurna. Untuk itu tim kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca, sehingga hasil kami ini bisa mencapai kesempurnaan.
Bondowoso,8 juni 2019
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ............................................................................................................ii
DAFTAR ISI .........................................................................................................................iii
BAB I : PENDAHULUAN.......................................................................................................
Latar Belakang ..............................................................................................................1
Rumusan Masalah .........................................................................................................1
Tujuan Penelitian ..........................................................................................................1
BAB II : HASIL PENELITIAN ..............................................................................................
Deskripsi Tempat Penelitian...................................................................................2
Manejemen Laboratorium Aspek Perencanaan.......................................................8
Manajemen Laboratoium Komputer Aspek Pengorganisasian.............................10
Manajemen Laboratorium Komputer Aspek Pelaksanaan....................................11
Manajemen Laboratorium Komputer Aspek Pengawasan....................................13
Hambatan Dalam Manejemen Laboratorium Komputer......................................14
BAB III : PENUTUP............................................................................................................
kesimpulan...................................................................................................................15
BAB I
PENDAHULUAN
A . Latar belakang masalah
Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting untuk meningkatkan peran dan kualitas sumber daya manusia. Pada era globalisasi dan juga semakin pesatnya laju perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) pada masa pembangunan sekarang ini, Sumber Daya Manusia (SDM) yang diharapkan adalah SDM yang berkualitas, mampu memanfaatkan, mengembangkan, dan menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi secara tepat, cepat, cermat, dan bertanggung jawab.
Laboratorium Komputer merupakan salah satu komponen pendukung dalam melaksanakan proses belajar mengajar yang efektif dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan pada umumnya yang pada akhirnya bermuara padadpeningkatan lulusan yang optimal.Laboratorium Komputer juga merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi sekolah sekarang ini. Masuknya mata pelajaran TIK pada kurikulum maka mengharuskan siswa untuk bisa menguasai teknologi informasi dan komunikasi terutama komputer.
B.Rumusan Masalah
Bagaimana Deskripsi Tempat Penelitian?
Bagaimana Manejemen Laboratorium Aspek Perencanaan?
Bagaimana Manajemen Laboratoium Komputer Aspek Pengorganisasian?
Bagaimana Manajemen Laboratorium Komputer Aspek Pelaksanaan?
Bagaimana Manajemen Laboratorium Komputer Aspek Pengawasan?
Bagaimana Hambatan Dalam Manejemen Laboratorium Komputer?
c.Tujuan Penelitian
Mengetahui Deskripsi Tempat Penelitian
Mengetahui Manejemen Laboratorium Aspek Perencanaan
Mengetahui Manajemen Laboratoium Komputer Aspek Pengorganisasian
Mengetahui Manajemen Laboratorium Komputer Aspek Pelaksanaan
Mengetahui Manajemen Laboratorium Komputer Aspek Pengawasan
Mengetahui Hambatan Dalam Manejemen Laboratorium Komputer
BAB II
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A . Deskripsi Tempat Penelitian
Sejarah Berdirinya MTs Nurul Hidayah Sulek Tlogosari
Tahun 1999 di Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Hidayah banyak santri yang tamat SD/MI dan tidak dapat melanjutkan ke MTs atau SMP. Karena ada SMP/MTs tetapi berada di luar dan jauh dari lokasi pesantren. Sementara di Pesantren sendiri belum ada MTs/SMP.
Sehubungan dengan hal tersebut, maka Yayasan Salafiyah Nurul Hidayah, yayasan yang ada di Pondok Pesantren tersebut membuka/mendirikan Madrasah Tsanawiyah dengan nama MTs. Nurul Hidayah dan diakui oleh pemerintah dengan Nomor Statistik Madrasah (NSM) 121235110070 dan dengan NPSN: 20581792. Sejak saat itu sampai sekarang terus berlanjut dan sudah menamatkan siswa sejak tahun ajaran 2001/2002, bahkan pada tahun 2002/2003 dapat meluluskan 100 % siswa. Semula gedung yang ditempati masih menggunakan MI Baitul Ulama’. Namun sejak tahun 2001 sudah memiliki gedung sendiri dan jumlah siswa setiap tahun cendrung meningkat.
Letak Geografis
Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah beralamat di Desa Sulek Dusun Legung RT.13 RW.06 Kecamatan Tlogosari Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, tepatnya Jl. KH. Ali Maksum No. 63-69. Desa Sulek mempunyai batas-batas wilayah yaitu sebelah barat Desa Tlogosari, sebelah timur Desa Trotosari, sebelah utara Desa Jebung Lor dan sebelah selatan Desa Kembang.
Visi dan Misi MTs Nurul Hidayah Sulek Tlogosari
Visi MTs Nurul Hidayah Sulek Tlogosari
Agamis, ilmiah dan amaliyah, Terampil dan Profesional, serta berkualitas.
Misi MTs Nurul Hidayah Sulek Tlogosari
Menciptakan siswa-siswi yang agamis, berkemampuan ilmiah, amaliah, terampil dan profesional serta berkualitas.
Data Pendidik dan Kependidikan MTs Nurul Hidayah Sulek Tlogosari
Mengenai data pendidik dan kependidikan di MTs. Nurul Hidayah tahun pelajaran 2017-2018 secara keseluruhan ada 17 orang. Terdiri dari 15 guru dan 2 karyawan TU. Dari 19 guru tersebut hanya satu orang guru pegawai negeri dan lainnya guru tetap Yayasan, Berikut daftar nama guru MTs. Nurul Hidayah tahun pelajaran 2017-2018
Data Pendidik dan Kependidikan MTs Nurul Hidayah Sulek Tlogosari
Mengenai data pendidik dan kependidikan di MTs. Nurul Hidayah tahun pelajaran 2017-2018 secara keseluruhan ada 17 orang. Terdiri dari 15 guru dan 2 karyawan TU. Dari 19 guru tersebut hanya satu orang guru pegawai negeri dan lainnya guru tetap Yayasan, Berikut daftar nama guru MTs. Nurul Hidayah tahun pelajaran 2017-2018.
DATA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN
MTS. NURUL HIDAYAH
TAHUN PELAJARAN 2017-2018
No
Nama
Pendidikan
Study
Jabatan
1
Saiful Rahman, S.Pd.I
S1 Tarbiyah
Arab
Kepala Madrasah
2
Endang Solikhatin, S.Pd
S1 Matematika
Matematika
Bendahara
3
Faozi, S.Pd.I
S1 Tarbiyah
SKI
Wk. Kurikulum
4
Zaenol, S.Pd.I
S1 Tarbiyah
PKN
Guru
5
Muslim Abdillah S.Pd
S1 Syariah
IPA
Wk. Kesiswaan
6
Suhib, S.Pd.I
SI Tarbiyah
Al-Qur’an Hadits
Perpus
7
M. Sujib
SMA
BTQ
Guru
8
Sukianto, S.Pd.I
S1 MPI
TIK
Guru
9
Sholihin, S.Pd.I
S1 Tarbiyah
Prakarya
Guru
10
Tut Rahmawati, S.Pd
S1 Tarbiyah
Aqidah Akhlaq
Guru
11
Citra Noviyandari, S.Pd.I
S1 Tarbiyah
Fiqih
Guru
12
Sofyanto, S.Pd.I
S1 Tarbiyah
Nahwu
Operator
13
Malarela Ariandareksa, S.Pd
S1 B. Inggris
B. Inggris
Guru
14
Hasful Bahri
SMA
-
Staf TU
15
M. Syaifullah, S.Pd
SI Syariah
IPS
Sapras
16
Homaidi, S.Pd
S1 Tarbiyah
-
Ka. TU
17
Desi Kurnia Uswanti
S I
B.Indonesia
Guru
Sumber: Dokumentasi MTs Nurul Hidayah Sulek, 15 Mei 2018
Struktur Organisasi MTs Nurul Hidayah Sulek Tlogosari
STRUKTUR ORGANISASI MTs. NURUL HIDAYAH
TAHUN PELAJARAN 2017-2018
Keterangan:
: Garis Komando.
: Garis Konsultasi.
Data Siswa MTs Nurul Hidayah Sulek Tlogosari
Adapun data siswa di MTs Nurul Hidayah Sulek Tlogosari pada tahun pelajaran 2017-2018 sebanyak 52 siswa, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut:
KEADAAN SISWA MTs NURUL HIDAYAH
TAHUN PELAJARAN 2017-2018
NO
TAHUN
PELAJARAN
KELAS
JUMLAH
VII
VIII
IX
1
2015-2016
15
15
20
50
2
2016-2017
17
15
18
50
3
2017-2018
19
16
17
52
4
2018-2019
25
20
19
64
Data Sarana Dan Prasarana
DATA SARANA DAN PRASARANA
MTs NURUL HIDAYAH
TAHUN PELAJARAN 2017-2018
No
Jenis
Bangunan
Jml
Luas
Permanen
Baik
Rusak
Berat
Rusak
Ringan
1
Ruang Kamad
4
2 M2
1
2
1
2
Ruang Guru
1
48 M2
-
-
1
3
Ruang TU
1
24 M2
-
-
-
4
Ruang KLS
3
80 M2
3
-
-
5
Perpustakaan
1
12 M2
1
-
-
6
Al-Qur’an
10
-
10
-
-
7
R. Komputer
1
-
1
-
-
8
R. Keterampilan
1
-
1
-
-
9
Ruang BP
1
-
1
-
-
10
UKS
-
-
-
-
-
11
Musolla/Masjid
1
-
1
-
-
12
Kantin
1
15 m2
-
-
-
13
Asrama
6
-
6
-
-
14
Telpon
1
-
1
-
-
15
Listrik
1
-
1
-
-
B . Manejemen Laboratorium Aspek Perencanaan
Perencanaan dilakukan agar keberadaan dan manfaat Laboratorium Komputer dapat optimal dalam mendukung pembelajaran siswa. Perencanaan melibatkan banyak pihak, mencakup banyak aspek, dan wujud nyata adanya perencanaan tersebut.
Berdasarkan hasil wawancara dengan bapak Saiful Rahman S.pd.I selaku kepala sekolah mengatakan bahwa, “ setiap awal tahun ajaran baru Kepala labor atorium dan teknisi atau laboran mengusulkan kebutuhan laboratorium kepada waka sarpras dengan persetujuan saya, apabila sudah disetujui kebutuhan tersebut dapat terealisasikan”. Pernyataan tersebut diperkuat oleh Bapak Faozi selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum mengatakan bahwa “untuk penyusunan program pada awal tahun ajaran baru, diadakan rapat tahunan untuk pembuatan program kerja laboratorium”. Hal ini juga diperkuat oleh bapak M. Syaifullah S.Pd. selaku wakil kepala sekolah bidang Sarana dan Prasarana, mengatakan bahwa “penyusunan program kerja sekolah berkaitan dengan manajemen laboratorium komputer dilakukan setiap awal tahun ajaran baru
Proses pembuatan program kerja mengenai manajemen laboratorium melibatkan kepala sekolah, kepala laboratorium komputer, Wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana dan, teknisi. Pernyataan ini sesuai dengan hasil wawancara bapak Saiful Rahman S.Pd.I bahwa “Orang-orang yang terlibat dalam pembuatan program kerja yaitu saya sendiri selaku kepala sekolah, kepala lab komputer, waka sarpras, dan teknisi.
Hal yang termasuk dalam program kerja yaitu pengadaan dan pemeliharaan alat-alat laboratorium dan barang-barang kelengkapan ruangan. Rapat tahunan sebagai bahan evaluasi dari manajemen Laboratorium komputer pada tahun sebelumnya. Tujuan evaluasi yaitu untuk mengetahui pelaksanaan rencana sudah sesuai dengan harapan atau belum.
Perencanaan Penentuan Petugas Manajemen Laboratorium
Perencanaan Mengenai Petugas Manajemen Laboratorium Komputer di MTs Nurul Hidayah Sulek Tlogosari yaitu berdasasrkan usulan-usulan dari kepala sekolah dan guru-guru yang bersasngkutan. Pernyataan ini sesuai dengan hasil wawancara dengan kepala sekolah. bahwa “penentuan tugas dari saya, bagian pengajaran, dan teknisi”.
Berdasasrkan hasil wawancara diatas dapat disimpulkan bahwa tenaga laboratorium komputer terdiri dari penanggung jawab yaitu kepala sekolah, kepala laboratorium, Waka sarpras, teknisi yang merangkap menjadi laboran. Selain itu pendidikan minimal harus S1, berpengalaman di bidang keahlian, serta pernah mengikuti diklat tentang pengelolaan laboratorium.
Perencanaan Pengaturan Jadwal Kegiatan Pembelajaran Di Laboratorium Komputer
Proses perencanaan jadwal di laboratorium komputer, di atur pada awal semester. Berdasasrkan hasil wawancara dengan bapak Saiful Rahman S.pd.I selaku kepala sekolah yaitu “ Setiap awal semester kepala sekolah membuat jadwalnya berdasarkan jadwal dari mata pelajaran masing-masing”. Dari hasil wawancara tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaturan perencanaan jadwal kegiatan pembelajaran di laboratorium komputer dilakukan pada awal semester yang mengacu pada jadwal pelajaran yang telah dibuat oleh kepala laboratorium dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum.
Perencanaan Prosedur Pengadaan Peralatan Praktik Di Laboratorium Komputer
Prosedur pengadaan peralatan praktik di laboratorium komputer berdasarkan wawancara dengan bapak Faozi S.pd.I selaku Kepala Laboratorium menerangkan bahwa, “Petugas mengajukan daftar usulan alat yang perlu dibeli kepala lab, kemudian kepala lab melaporkan usulan tersebut kepada kepala sekolah. Setelah disepakati oleh kepala sekolah, kepala lab memberikan tugas kepada teknisi untuk membelanjakan alat-alat tersebut.
Program Kerja Laboratorium Komputer di MTs Nurul Hidayah
NO.
JENIS KEGIATAN
SASARAN YANG INGIN DICAPAI
WAKTU
1.
Penyusunan Pedoman
dan Program Kerja
Dalarn pelaksanaan kegiatan dapat terencana an sistematis.
Bulan Juli 2018
2.
Penyusunan Jadwal Penggunaan Laboratorium Komputer
Dalam pengunaan lab. Dapat
optimal untuk setiap guru Komputer dalam pelaksanaan
praktek
Bulan Juli 2018
3.
Pendataan Inventaris Laboratorium
Komputer
Mengetahui data alat, bahan, dan barang yang ada di laboratorium sebagai informasi bagi sekolah dan instansi yang berkepentingan
Bulan Juli - Agustus 2018
4.
Perawatan Komputer
Perawatan ini meliputi :
1. Kebersihan Lab.
2. Kebersihan Komputer
secara umum
3. Pengecekan Hardware dan Sofware
4. Perbaikan
Setiap minggu
5.
Pembuatan Laporan
Satu kali setiap bulan
C . Manajemen Laboratoium Komputer Aspek Pengorganisasian
Pengorganisasian merupakan sesuatu proses untuk merancang struktur formal, mengelompokkan, mengatur, serta membagi tugas atau pekerjaan diantara para anggota organisasi agar organisasi dapat berjalan sesuai dengan tujuan.
Pengorganisasian laboratorium komputer ditandai dengan adanya pembagian tugas dan tanggung jawab pengelola laboratorium. Agar kinerja pengelola laboratorium dapat berjalan dengan baik, maka perlu dibentuk struktur organisasi untuk mempermudah pembagian tugas, adapun uraian tugas masing-masing pengelola laboratorium komputer berdasarkan hasil penelitian adalah sebagai berikut :
Pelindung / Penanggung Jawab
Memberikan perlindungan / pengayoman
Melakukan pengawasan dan penilaian
Memberikan pengarahan
Kepala Labkom
Melakukan koordinasi
Memberikan bimbingan dan pengarahan
Melakukan pengawasan
Melaporkan kepada Kepala Sekolah
Petugas
Melakukan pendataan inventaris barang
Menata barang inventaris menurut fungsinya
Melakukan perbaikan pada barang inventaris yang masih bias diperbaiki
Mengatur jadwal penggunaan laboratorium Komputer
Memberikan laporan kondisi barang – barang inventaris
Melakukan pengawasan penggunaan barang inventaris
Melaporkan kejadian – kejadian penting yang berkaitan dengan penggunaan barang inventaris
Melakukan pengecekan kondisi barang secara rutin
D . Manajemen Laboratorium Komputer Aspek Pelaksanaan
Tahapan manajemen selanjutnya adalah pelaksanaan. Pelaksanaan meliputi inventarisasi, pemeliharaan dan kegiatan belajar mengajar. Inventarisasi merupakan kegiatan pendataan barang-barang atau peralatan yang ada di dalam laboratorium komputer. Berdasarkan wawancara dengan bapak Saiful Rahman S.pd.I selaku kepala sekolah mengatakan bahwa, “ untuk sementara belum diinventarisasi semuanya, cara menginventarisasinya yaitu jika ada peralatan baru masuk dicatat di buku inventarisasi, tapi untuk saat ini belum semuanya dicatat.” Berdasarkan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa kegiatan inventarisasi sudah dilaksanaan dengan cara dicatat di buku inventarisasi atau dimasukkan ke dalam file komputer.
Suatu laboratorium perlu adanya pemeliharaan. Prosedur pemeliharaan laboratorium administrasi perkantoran MTS Nurul Hidayah Sulek berdasarkan hasil wawancara dengan bapak Faozi S.pd.I selaku Kepala Laboratorium menerangkan bahwa “dari kepala lab memberikan himbauan kepada semua pemakai alat harus dengan hati-hati, guru yang seddang menggunakan alat di lab diberikan tugas untuk memantau siswanya dalam mengoprasikan alat, dan jika ada yang rusak diharap lapor kepada kepala lab agar selanjutnya dilakukan perbaikan”.
Bentuk pemeliharaan laboratorium komputer di MTS Nurul Hidayah Sulek dilakukan dengan membersihkan ruangan oleh pengguna laboratorium. berdasarkan hasil wawancara dengan bapak Sofyanto S.pd.I selaku Kepala Laboratorium menyatakan “pemeliharaan laboratorium yaitu membersihkan ruang lab, alat-alat praktik, meja, kursi, papn tulis,kipas, kebersihan dalam ruangan lab komputer. Kegiatan pemeliharaan laboratorium dilakukan dengan rutin yaitu setiap satu minggu atau satu bulan sekali.
Aspek pelaksanaan yang selanjutnya adalah kegiatan belajar mengajar, motivassi kepada siswa menjadi tradisi saat pelajaran berlangsung. prosedur dalam melaksanakan kegiatan praktik yaitu guru berpegang teguh pada RPP yang telah dibuat sebelumnya yang disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan belajar siswa. Pada saat kegiatan praktik berlangsung guru membingbing siswa yang menemui kesulitan secara bergantian.
Inventaris Laboratorium Komputer
MTS Nurul Hidayah
No
Nama Alat
Kondisi
Jumlah
Baik
Rusak
Prasarana
1
Ruang Praktek
1
-
1
2
Meja Komputer
23
-
23
3
Kursi lab. komputer
23
-
23
4
Meja Guru
1
-
1
5
Kipas Angin
3
-
3
6
Ketersediaan daya listrik
1
-
900 watt
Alat praktek komputer
1
Harddisk 250 GB
2
-
2
2
Harddisk 500 GB
23
-
23
3
Memory DDR III 2 Gb
23
-
23
4
Komputer All in One
23
-
23
5
Infocus + kabel vga
1
-
1
6
Printer canon MP 230 Series
1
-
1
7
Printer canon LBP2900
1
-
1
8
Printer HP Laserjet CP1025
1
-
1
9
Keyboard
23
-
23
10
Mouse
23
-
23
11
Papan Tulis
1
-
1
12
Kursi guru
1
-
1
13
Modem / Router Board
1
-
1
14
Pengeras Suara
1
-
1
15
WiFi Router
2
-
2
16
HUB 24 Port
3
-
3
E . Manajemen Laboratorium Komputer Aspek Pengawasan
Pengawasan merupakan proses manajerial yang berfungsi untuk memantau dan mengukur kegiatan yang telah berlangsung agar sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebelum melaksanakan suatu kegiatan. pengawasan merupakan tahapan terakhir dalam manajemen laboratorium. Bentuk prosedur pengawasan laboratorium di MTS Nurul Hidayah Sulek berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah menyatakan “ Saya membuat tat tertib kemudian di tempelkan di laboratorium. Selain itu guru pengampu juga melakukan pengawasan langsung kepada siswanya “. Adapun bentuk peraturan dan tata tertib Laboratorium Komputer MTS Nurul Hidayah adalah sebagai berikut:
PERATURAN DAN TATA TERTIB LABORATORIUM KOMPUTER
DI MTs NURUL HIDAYAH
Semua siswa aktif berhak atas pemanfaatan komputer.
Semua siswa berhubunan dengan tugas sekolah : Osis, Pramuka, Lomba dan tugas lain atas nama sekolah berhak menggunakan komputersetelah mendapat ijin dari pengurus Laboratorium
Siswa berhak menggunakan komputer pada saat jam sekolah
Siswa tidak boleh membuka, mendownload ataupun menyimpan file berbau pornografi
Setiap siswa harus mematikan komputer baik cpu maupun layar monitor setiap kali selesai menggunakan komputer
Siswa tidak mematuhi peraturan / ketentuan ini maka akan mendapat sanksi dan tidak boleh menggunakan komputer pada saat itu juga.
Siswa yang merusak alat-alat penunjang praktikum diwajibkan untuk menggantinya
Siswa dilarang merusak , memindahkan atau mengambil hardware, software atau fasilitas laboratorium tanpa seijin petugas laboratorium
Pihak-pihak yang berwenang dan bertanggungjawab melaksanakan kegiatan pengawasan berdasarkan hasil wawancara kepada bapak Saiful Rahman S.pd.I selaku kepala sekolah mengatakan “ yang berwenang saya, Kepala Laboratorium, dan waka sarpras”.
Pelanggaran yang sering dilakukan siswa ketika di laboratorium adalah masih adanya siswa yang makan dan minum membuang sampahnya di laci meja, dan siswa yang tidur saat kegiatan praktik berlangsung, ada juga yang membuka aplikasi lain seperti game, dan lain-lain.
F . Hambatan Dalam Manejemen Laboratorium Komputer
Berdasarkan hasil wawan cara dengan bapak Saiful Rahman S.pd.I selaku kepala sekolah menyebutkan hambatan-hambatan yang dihadapi adalah sebagai berikut:
Aspek Perencanaan
Perencanaan perlengkapan praktik di laboratorium masih mengalami hambatan yang di sebabkan adanya masalah pendanaan sehingga mengakibatkan terhambatnya sekolah dalam mengadakan perlengkapan praktik di laboratorium.
Aspek Pengorganisasian
Hambatan yang terjadi yaitu penerapan struktur organisasi yang belum secara optimal serta kurangnya kordinasi antara pengelola laboratorium karena terbatasnya waktu disekolah.
Aspek Pelaksanaan
Hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan yaitu arus listrik yang tersedia belum memenuhi kebutuhan dalam proses pembelajaran. masih sering terjadi benturan jadwal dan msih adanya siswa yang tidak mentaati peraturan
Aspek Pengawasan
Hambatan yang sering terjadi dalam dalam pengawasan yaitu guru pengguna tidak mengawasi siswa ketika praktik di laboratorium sehingga tidak tahu apa yang dilakukan oleh siswa, kurangnya tenaga khusus laboratorium, dan masih sulitnya untuk mendeteksi keadaan laboratorium.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A . Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai manajemen laboratorium komputer di MTS Nurul Hidayah sulek, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
Aspek Perencanaan, Manajemen Laboratorium komputer yang dilakukan yaitu di adakan rapat setiap tahun pelajaran baru untuk pembuatan program kerja laboratorium. macam-macam program kerja tersebut antar lain; perencanaan pembentukan petugas laboratorium komputer, perencanaan pengaturan jadwal kegiatan pembelajaran di laboratorium komputer, dan perencanaan prosedur peralatan praktik di laboratorium.
Aspek pengorganisasian, pengelola laboratorium komputer di MTS Nurul Hidayah sudah terdapat penentuan tugas darimasing-masing pengelola.
Aspek pelaksanaan laboratorium komputer meliputi:
Inventasisasi
Pemeliharaan yang dilaksanakan dengan rutin yaitu setiap satu minggu atau satu bulan sekali, dan
kegiatan belajar mengajar yang masih memerlukan perhatian khusus agar siswa selalu praktik dengan tertib.
Aspek pengawasan laboratorium komputer yang telah dilakukan yaitu pemberian tata tertib yang di tempelkan di dinding laboratorium dan pengawasan langsung dilakukan oleh guru pengguna laboratorium.
Hambatan yang muncul dalam manajemen laboratorium Komputer yaitu:
Aspek Perencanaan
Perencanaan perlengkapan praktik di laboratorium masih mengalami hambatan yang di sebabkan adanya masalah pendanaan sehingga mengakibatkan terhambatnya sekolah dalam mengadakan perlengkapan praktik di laboratorium.
Aspek Pengorganisasian
Hambatan yang terjadi yaitu penerapan struktur organisasi yang belum secara optimal serta kurangnya kordinasi antara pengelola laboratorium karena terbatasnya waktu disekolah.
Aspek Pelaksanaan
Hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan yaitu arus listrik yang tersedia belum memenuhi kebutuhan dalam proses pembelajaran. masih sering terjadi benturan jadwal dan msih adanya siswa yang tidak mentaati peraturan
Aspek Pengawasan
Hambatan yang sering terjadi dalam dalam pengawasan yaitu guru pengguna tidak mengawasi siswa ketika praktik di laboratorium sehingga tidak tahu apa yang dilakukan oleh siswa, kurangnya tenaga khusus laboratorium, dan masih sulitnya untuk mendeteksi keadaan laboratorium.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar