LAPORAN
IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS
Mata kuliah : supervisi & evaluasi program pendidikan
Untuk memenuhi tugas dari
Dosen pembimbing: Yeni Tri Nur Rahmawati,S.Pd.I,M.Pd.I
Disusun Oleh :
Nama: Alfiyatul Hasanah
NPM: 201791200004
MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (MPI) B (V)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
AT-TAQWA BONDOWOSO
2019-2020
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Segala puji hanya milik Allah SWT, shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Nabi akhir zaman yakni Muhammad Saw. Keluarga, sahabat dan seluruh umatnya yang setia dan istiqomah berada di atas ajarannya hingga hari kiamat.
Kami sangat bersyukur karena berkat rahmat dan karuniaNyalah Kami dapat menyelesaikan tugas observasi ini dengan judul “implementasi supervise klinis di MA Darul Hikmah Jatian Koncer”.Penyusunan makalah ini sebagai tugas dari mata kuliah supervisi & evaluasi program pendidikan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) At-Taqwa Bondowoso.
Dalam penyusunan makalah ini kami sangat menyadari masih banyak kekurangan dan kesalahan sehingga kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah ini. Kami berharap makalah ini berguna bagi kita semua amin. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Akhirul kalam,
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Bondowoso,19 oktober 2019.
DAFTAR ISI
Kata Pengantar ii
Daftar Isi iii
BAB I PENDAHULUAN
Latar belakang 1
Metode Penelitian 2
Tujuan Supervisi Klinis 2
BAB II PELAKSANAAN SEPERVISI KLINIS
Profil Lembaga MA Darul Hikmah 5
Struktur Organisasi Lembaga MA Darul Hikmah 6
Hasil Supervisi 7
BAB III PENUTUP
Kesimpulan
Saran
BAB I
PENDAHULUAN
Latar belakang
Supervisi klinis adalah salah satu model pembinaan kompetensi guru yang banyak dilakukan oleh kepala sekolahdan pengawas. Supervisi klinis adalah model model pembinaan yang langsung berkenan dengan perbaikan pembelajaran. Tujuan utama supervise adalah mengembangkan profesional guru dengan fokus peningkatan penampilan guru di dalam kelas. Oleh karena itu, supervisi klinis merupakan strategi yang efektif dalam memperbaiki pengajaran yang dilakukan guru. Abcheson dan Gall (1997: 125) mengemukakan bahwa supervise klinis memiliki tujuan utama pengembangan profesional guru dengan fokus utamanya pada peningkatan kinerja guru dikelas.
Departemen pendidikan nasional mengemukakan bahwa perubahan dan pengembangan aspesk kehidupan perlu ditanggapi oleh kinerja pendidikan yang professional dan bermutu tinggi. Profesionalitas guru yang baik itu sangat diperlukan untuk mendukung terciptanya iklim pendididkan yang aktif serta dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh warga Indonesia.
Dunia pensisiskan saat ini dalam keadaan sangat menghawatirkan, dilihat dari banyaknya permasalahan pendidikan yang sampai saat ini belum terdapat terselesaikan seperti mutu pendididkan yang rendah minimnya profesionalisme tenaga pendidik, rendah sistem manajemen pendidikan sekolah, anggaran pendidikan yang tidak relevan, hingga kurangnya relavansi tenaga pendidik terhadap anak didiknya, dari permasalahan-permasalahan diatas sangatlah mempengaruhi baik buruknya sstem pendidikan di Indonesia.
Pendidikan merupakan fenomina manusia yang fundamental dan mempunyai sifat konstruktif dalam hidup manusia dan melalui pendidikan, suatu bangsa akan menjadi maju, yakni berubah dari tingat yang rendah menuju tingkat atau derajat yang lebih baik. Peningkatan mutu pendidikan merupakan harapan setiap bangsa tak terkecuali Indonesia. Perkembangan peningkatan mutu ini menjadi agenda yang selalu di prioritaskan oleh Negara dalam berbagai program yang berhubungan dengan peningkatan sumber daya manusia yang bermutu dan berdaya saing.
Dalam pelaksanaan observasi tersebut para siswa dan guru menyambut dengan senang hati atas di selenggarakan observasi ini dan sangat membantu tentang apa yang dirasakan oleh kami sendiri bnayak hal yang didapat dari observasi tersebut dan akan sangat baik jika penerapannya dan dapat di realisasikan dalam waktu yang tidak lama karena secara umum koesionir ini sangat baik untuk meningkatkan mutu pembelajaran di MA DARUL HIKMAH dan manfaat bagi kami sendiri yaitu menjadi bahan masukan dan juga sebagai aspirasi yang selama ini mereka rasakan dengan kata untuk kepentingan bersama. Sasaran pertama dari koesionir ini untuk mengetahui hal-hal apa saja yang menurut kami sangat kurang atau menurut mereka perlu peningkatan dan kemajuan lebih baik lagi. Dengan adanya kuesioner diupayakan agar terciptanya hal-hal yang positif untuk membangun sekolah ini lebih baik lagi.
Adapun pelaksanaan koesionir ini yaitu pada hari sabtu tanggal 19 oktober 2019 pada saat setelah istirahat dalam tata pelaksaannya dimulai dari pemberian izin dari kampus. Dan alasan kami melakukan observasi ini untuk memperoleh data tentang hal-hal yang tidak diungkapkan secara terbuka yaitu dengan wawncara,maka dengan adanya observasi kita dapat mengetahui hal yang tidak dapat kita ketahui.
Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan Metode Diskriptif dengan pendekatan analisis kualitatif dalam penelitinan ini kami menggunakan penelitian kualitatif. Alasan kami menggunakan metode ini adalah karena penelitian ini dilakukan untuk megetahui tentang proses pelaksanaan supervise klinis yang dilakukan kepada sekolah dalam rangka mningkatkan kemampuan mengajar guru di MA Darul Hikmah, bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan dan pola supervisi linis kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kemampuan mengajar guru.
Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomina tentang apa yang dialami subjek penelitian seperti, perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa.
Tujuan Supervisi Klinis
Tujuan Umum
Tujuan umum supervise klinis adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan keterampilan mengajar guru dikelas. Dalam hubungan inilah supervise klinis merupakan kunci untuk meningkatkan kemampuan profesional guru. Konsep supervisi adalah memberi tekanan pada proses “pembentukan dan pengembangan professional” dengan maksud memberi respons terhadap pengertian utama serta kebutuhan guru yang berhubungan dengan tugasnya. Pembentukan professional guru yang bermaksud untuk menunjang pembaharuan pendidikan serta untuk memerangi kemerosotan pendidikan terutama harus dimulai dengan cara mengajar guru dikelas. Dengan perbaikan dan penyempurnaan diharapkan siswa dapat belajar dengan baik sehingga tujuan pendidikan dan pengajaran dapat tercapai secara maksimal.
Tujuan Khusus
Tujuan khusus supervise klinis adalah sebagai berikut:
Menyediakan suatu balikan bagi guru secara objektif dari kegiatan yang baru saja mereka lakukan, ini merupakan cermin agar guru dapat melihat apa sebenarnya mereka perbuat saat mengajar, sebab apa yang mereka lakukan mungkin sekali sangat berbeda dengan perkiraan mereka.
Mendiagnosis, memecahkan dan membantu memecahkan masalah mengajar.
Membantu guru mengembangkan keterampilan dalam menggunakan strategi-strategi mengajar.
Sebagai dasar untuk menilai guru dalam kemajuan pendidikan, promosi jabatan atau pekerjaan mereka.
Membantu guru mengembangkan sikap positif terhadap pengembangan diri secara terus menerus dalam karir dan profesi mereka secara mandiri.
Perhatian utama pada kebutuhan guru dalam mengajar.
BAB II
PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS
Profil Lembaga MA Darul Hikmah
Nama madrasah : MAS.Darul Hikmah
N.S.M : 131235110038
NPSN : 69788068
Desa : Koncer Kidul
Kecamatan : Tenggarang
Kabupaten : Bondowoso
Provinsi : Jawa Timur
Kode Pos : 68281
Alamat Madrasah : Jl.Tamanan Koncer Kidul Tenggarng Bondowoso
Status Madrasah : Swasta
Kelompok Madrasah : Anggota KKM
Akreditasi : Belum
Surat keputusan/SK : -
Kegiatan Belajar Mengajar : Pagi-Siang (Pukul: 07.00-13.30)
Tahun Berdiri : 2010
Tahun Perubahan : 2013
Bangunan Madrasah : Milik Sendiri
Lokasi Madrasah : Pedesaan
Jarak ke Kecamatan : 6 Km
Jarak ke Kabupaten : 5 Km
Jumlah Guru dan Karyawan : 16 Orang
Organisasi Penyelanggaran : Yayasan Darul Hikmah
Visi
“Kreatif dan Kompetitif Dengan Mengutamakan Iman dan Taqwa”
Misi
Menyelenggarakan pendidikan yang unggul untuk menghasilkan siswa yang berprestasi dalam bidang Akademik dan mampu dalam bidang Spritual;
Mempersiapkan siswa untuk dapat memberikan kontribusi terhadap proses pembangunan bangsa dalam upaya memperkuat Landasan Spritual Moral dan Etika pembangunan;
Menjalin hubungan yang harmonis antar Masyarakat dan Negara yang berlandasan pada pancasila dan Syariat Islam;
Struktur Organisasi
STRUKTUR ORGANISASI LEMBAGA
MAS Darul Hikmah Koncer Kidul Tenggaraang Bondowoso
Hasil Supervisi
Hasil Angket
supervisi dilakukan pada hari sabtu , tanggal 19 oktober 2019, jam 09.30-11.00 WIB. Petugas supervisi (supervisor) di damping oleh Hakimah, M.Pd.I. selaku kepala madrasah MA Darul Hikmah, guru yang disupervisi yaitu guru mata pelajaran
Hasil angket Kegiatan supervisi dari Adi sucipto, S.Pd.I sebagai guru muatan lokal di kelas X. Guru yang disupervisi diberikan dua angket ,angket yang pertama yaitu Instrumen supervise RPP (Kurikulum 2013), angket kedua Instrumen Pelaksanaan Pembelajaran. Hasil angket instrument supervisi RPP (Kurikulum 2013) mendapatkan nilai 94 poin dengan kriteria amat baik, sedangkan Angket Instrumen Pelaksanaan Pembelajaran mendapatkan nilai 92 poin dengan kriteria amat baik. hasil angket yang diperoleh dalam kegiatan supervisi ini mendapatkan hasil amat baik, karena hasil angket bisa dikatakan penilaian terhadap standar prestasi, kualitas belajar mengajar.
Aspek yang diamati dari perumusan indikator sesuai dengan indikator SKL, KL, dan KD. Yang meliputi, dimensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Dalam menggunakan kata kerja operasional yang mengandung satu perilaku yang mencakup level berfikir tinggi. Tujuan pembelajaran disana untuk mencapai suatu proses pembelajaran sangat relevan dengan berbagai kompotensi yang mengandung unsur menciptakan karya yang ada pada siswa dalam mengembangkan sikap, keterampilan, serta pengetahuan baru.
Didalam media belajar mengajar disana menerapkan pendekatan sainfik (ilmiah) untuk memudahkan siswa dalam menguasai materi pembelajaran, Dengan menggunakan metode yang sesuai dengan pendekatan sainfik untuk mengembangkan kapasitas individu dan kerja sama peserta didik. Rencana kegiatan pembelajaran disana melalui pengamatan kegiatan siswa dengan kegiatan merancang kegiatan siswa untuk menalar atau mengasosiasi (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi) yang mengandung rencana kegiatan tidak lanjut. Dalam penilaian ketercapaian indikator hasil belajar untuk mengukur sikap, pengetahuan dan keterampilan guru disana merancang penilaian otentik dimana akhir dalam penilaian tersebut terdapat evaluasi untuk perbaikan pembimbngan dan pelatihan professional guru dimana personel dalam pembimbing maupun pelatihan kepala sekolah/madrasah dan guru bekerja sama membawa perubahan-perubahan dalam perbaikan pembelajaran tersebut.
Temuan lapangan
Dari hasil temuan lapangan yang kami dapatkan yaitu data perencanaan pembelajaran yang diawali dengan penyusunan silabus, program tahunan,program semester, dan rencana pelaksanaan pembelajaran(penerapan strategi, penerapan metode, analisis, buku nilai, buku rapor, jurnal absen, kertas soal, kisi-kisi soal). Untuk itu data-data tersebut dimiliki oleh semua guru dalam upaya pencatatan dan pelaporan serta pembinaan dan pengembangan di sekolah MA Darul Hikmah.
Data ini diperoleh dari hasil observasi peneliti yang berdasarkan dokumen yang diberikan pihak sekolah,guru yang disupervisi “Adi Sucipto,S.Pd.I” mengatakan “ kami telah memberikan pelayanan semaksimal mungkin terhadap siswa, menyesuaikan visi dan misi di sekolah kami untuk memajukan serta menciptakan siswa berprestasi”
Hasil observasi
Dalam pelaksanaan observasi tersebut para siswa dan guru menyambut dengan senang hati atas diselenggarakan observasi ini sangat membantu tentang apa yang dirasakan oleh kami sendiri banyak hal yang didapat dari observasi tersebut dan akan sangat baik jika penerapannya dan dapat di realisasikan dalam waktu yang tidak lama karena secara umum penelitian ini sangat baik untuk meningkatkan mutu pembelajaran di MA Darul hikmah dan manfaat bagi kami sendiri yaitu menjadi bahan masukan dan juga sebagai aspirasi yang selama mereka rasakan dengan kata untuk kepentingan bersama.
Pada saat kegiatan observasi supervise klinis bertepat pada hari sabtu tanggal 19 oktober 2019, supervisor yang didampingi oleh “Hakimah, M.Pd.I” selaku kepala sekolah MA Darul Hikmah memelakukan supervise klinis kepada satu guru bernama “Adi Sucipto, S.Pd.I” wali kelas X sekaligus guru mata pelajaran Muatan Lokal.
Petugas supervisi pertama kali melakukan wawancara sekilas tentang sekolah MA Darul hikmah tersebut yang kemudian di lanjut dengan observasi ke kelas.hasil dari supevisi klinis terhadap satu guru berdasarkan hasil angket mendapatkan kriteria yang sangat baik. Karena sasaran pertama dari supervise klinis ini untuk mengetahui hal-hal apa saja yang menurut kami sangat kurang atau menurut mereka perlu peningkatan dan kemajuan lebih baik lagi.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
supervisi klinis merupakan strategi yang efektif dalam memperbaiki pengajaran yang dilakukan guru. Penelitian ini menggunakan Metode Diskriptif dengan pendekatan analisis kualitatif dalam penelitinan ini kami menggunakan penelitian kualitatif. Alasan kami menggunakan metode ini adalah karena penelitian ini dilakukan untuk megetahui tentang proses pelaksanaan supervisi klinis yang dilakukan kepada sekolah dalam rangka mningkatkan kemampuan mengajar guru di MA Darul Hikmah, bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan dan pola supervisi linis kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kemampuan mengajar guru.
Saran
Bagi penyelenggara pendidikan penting untuk mengetahui cara-cara yang efektif dalam meningkatkan kinerja guru. Hal tersebut penting dilakukan karena bagaimanapun hebatnya guru disekolah, tanpa adanya pembinaan dan pengembangan mempertahankan kualitas sekolah. Jadi, sebaiknya penyelenggara pendidikan dapat menggunakan supervisi klinis dalam rangka pembinaan dan pengembangan diri guru sehingga kinerja guru di sekolah tetap terjaga dan mengalami peningkatan.
Jadwal Supervisi
hari
nama
kelas
jam
pelaksanaan
keterangan
Rabu 16 oktober 2019
Sulaiman
X
1
Memantau pelaksanaan proses pengajaran dengan menggunakan lembar observasi
sabtu 19 oktober 2019
Alifah,S.Pd
XI
2 dan 4
Memantau pelaksanaan proses pengajaran dengan menggunakan lembar observasi
Selasa 22 oktober 2019
Farida yasin,S.Pd.i
XII
1
Memantau pelaksanaan proses pengajaran dengan menggunakan lembar observasi
INSTRUMEN SUPERVISI RPP (KURIKULUM 2013) SD/SMP/SMA/SMK (K2013)
Nama Guru : …………………………….......................................
Nama Sekolah : …………………………….......................................
Nama Sekolah : …………………………….......................................
Aspek yang Diamati
Belum Sesuai
(1)
Sesuai sebagian
(2)
Sesuai semua
(3)
Catatan
A.
Perumusan Indikator
1
Indikator sesuai dengan SKL-KI, dan KD
2
Meliputi dimensi sikap, keterampilan dan pengetahuan
3
Menggunakan kata kerja operasional yang mengandung satu prilaku
4
Mengadung satu prilaku yang dapat diobservasi
5
Mencakup level berpikir tinggi (analisis, evaluasi, atau mencipta).
6
Meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan/atau metakognitif (learning how to learn)
B.
Perumusan Tujuan Pembelajaran
7
Tujuan realistik, dapat dicapai melalui proses pembelajaran
8
Relevan dengan kompetensi dasar dan indicator
9
Mencakup pengembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan
10
Mengandung unsur menciptakan karya
C.
Materi Pelajaran
11
Relevan dengan tujuan
12
Sesuai dengan potensi peserta didik
13
Kontekstual
14
Sesuai dengan perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual siswa
15
Bermanfaat untuk peserta didik
16
Materi yang disajikan aktual
17
Relevan dengan kebutuhan siswa
D.
Media Belajar
18
Sesuai dengan tujuan pembelajaran.
19
Memudahkan siswa menguasai materi pelajaran
20
Memfasilitasi siswa menerapkan pendekatan saintifik
21
Memberdayakan teknologi informasi dan komunikasi
E.
Metode Pembelajaran
22
Sesuai dengan tujuan pembelajaran.
23
Sesuai dengan pendekatan saintifik
24
Sesuai dengan model model inkuiri, pembelajaran berbasis masalah, atau proyek.
25
Mengembangkan kapasitas individu dan kerja sama peserta didik
E.
Rencana Kegiatan Pembelajaran
26
Menampilkan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
27
Menjelaskan tujuan pembelajaran
28
Merencanakan kegiatan siswa mengamati
29
Merencanakan kegiatan siswa menanya
30
Merancang kegiatan siswa mencoba
31
Merancang kegiatan siswa menalar atau mengasosiasi (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi)
32
Merancang kegiatan siswa membentuk jejaring atau mengomunikasikan produk penalarannya
33
Merangkan kegiatan siswa berkarya atau mencipta
34
Mengandung rencana kegiatan tindak lanjut (penugasan, remedial, dan pengayaan)
F.
Penilaian
35
Menilai ketercapain indikator hasil belajar
36
Mengukur sikap, pengetahuan, dan keterampilan
37
Merancang penilaian otentik
38
Meliputi rancangan instrumen tes
39
merancang penilai tugas
40
Menetapkan pedoman penskoran
SKOR RENCANA PELAKSANAAN PEBELAJARAN
Nilai
Kriteria:
Amat baik
86
s.d
100
Baik
70
s.d
85
Kurang
Di bawah 70
Form Rekapitulasi Hasil Supervise
INSTRUMEN SUPERVISI RPP (KURIKULUM 2013) SD/SMP/SMA/SMK (K2013)
No
Aspek Yang diamati
Nilai / Skor
Catatan
BS (1)
SS (2)
SS(3)
1
Perumusan Indikator
-
8
6
2
Perumusan Tujuan Pembelajaran
-
2
9
3
Materi Pelajaran
-
4
15
4
Media Belajar
-
2
9
5
Metode Pembelajaran
-
4
6
6
Rencana kegiatan pembelajaran
-
8
15
7
Penilaian
-
4
12
Jumlah skor
-
32
72
Jumlah keseluruhan (94)
Amat baik
INSTRUMEN SUPERVISI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SD/SMP/SMA/SMK (KURIKULUM 2013)
No
Aspek Yang diamati
Nilai / Skor
Catatan
BS (1)
SS (2)
SS(3)
1
Apersepsi dan motifasi
1
4
3
2
Penyampaiian kompetensi dan rencana kegiatan
4
-
3
Kegiatan inti
1
24
30
4
Pelibatan peserta didik dalam pembelajaran
-
2
12
5
Melaksanakan penilaiian autentik
-
-
9
6
Penggunaan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
-
2
3
7
Penutupan pembelajaran
-
4
3
Jumlah skor
2
40
60
Jumlah keseluruhan (92)
Amat baik
INSTRUMEN MONITORING ADMINISTRASI PEMBELAJARAN SD/SMP/SMA/SMK
Jumlah skor dari 1-25
1
8
24
44
5
Jumlah keseluruhan (82)
Baik
Dokumentasi kegiatan
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Sistem Imformasi Manajemen Pendidikan
Makalah IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN Mata Kuliah : Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Dosen Pembimbing :...
-
MAKALAH MICROLEADING PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK MENGEFEKTIFKAN ORGANISASI DOSEN PEMBIMBING: WAFI ALI HAJJAJ, S.Pd.I, M.Pd.I NAMA KELO...
-
MAKALAH FUNGSI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN Dosen Pengampu : Abdul Haq As, S.Pd.I, M.Pd.I Disusun oleh : 1. Alfiyatul Hasan...
-
MAKALAH FIQH DAN USHUL FIQH SEJARAH PERKEMBANGAN USHUL FIQH KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Swt, karena berk...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar